Selamat Datang di Blog kami, untuk pemesanan silahkan hubungi +6285649919699 (whatsapp available) atau pin BB 329FB00B - Untuk Produk Ready silahkan Add Facebook www.facebook.com/bordiraplikasi _ RESELLER/ DROPSHIP are WELCOME (^.^)y

Sabtu, 21 September 2013

Bahasa Kota Malang

Ada yang tau ngga bahasa khasnya Arek Malang?

pasti semua menjawab bahasa jawa yaa? hayoo yang njawab Jawa pasti senyum - senyum ^.^
memang benar bahasa khasnya Malang adalah bahasa Jawa seperti kebanyakan kota di pulau jawa (kecuali jawa barat yaa) tapiiii kurang tepat hehehehe....
Penasaran???

Bahasa yang khas di Kota Malang adalah bahasa walikan (pernah denger?) bahasa walikan (osob kiwalan) adalah ciri khasnya kota Malang, ngga jauh beda sama Daster bordir khas Malang, Bakso Malang, Apel Malang dan Malang - Malang lainnya kecuali malangnya nasibmu yaa :p

Saya dulu kurang begitu paham dengan osob kiwalan ini dan ketika saya berada di luar pulau jawa, osob kiwalan ini cukup buat saya malu dan ga layak jadi Aremanita (sebutan untuk wanita Malang)
1. Ada orang yang nanya ke saya 'wah aslinya Malang yaaa, pinter bahasa walikan dong yaa, terus bapak itu cerita dulu temannya yg asli orang Malang begini dan begitu' saya?? melonggo dengan kiyutnya ^,^
2. Ketemu sekelompok Anak Malang dan begitu tau kalo saya anak Malang langsung lha mereka ngobrol dengan bahasa jawa + osob kiwalan dan ahirnya sukses buat saya mlongo kiyut lagi dan pas mereka sadar kalo saya ngga bisa osob kiwalan, dengan polosnya mereka komentar ' lho kera Ngalam kok kadit itreng osob e dewe, rek' (Lho anak Malang kok tidak mengerti bahasanya sendiri sih) #tepokjidat.

Osob kiwalan yang sering di gunakan: sam (mas), itreng (mengerti), kadit (tidak), oyi (iya), osi (bisa) etc

Menurut asal - usulnya Osob kiwalan ini dahulunya adalah komunikasi yang di gunakan antar sesama pejuang Gerilya Rakyat kota (GRK) sebagai identitas untuk mengenali lawan atau kawan, karena di khawatirkan akan adanya mata - mata belanda yang sesama orang jawa yg akan membocorkan strategi perang kepada belanda maka di ciptakanlah osob kiwalan ini (wah orang Malang emang sudah kreatif dari jaman dahulu yaa , nah waktu saya tau asal - usul osob kiwalan ini, saya sempat membayangkan jadi pejuang dan teman seperjuangan saya ngobrol osob kiwalan sama saya, wah saya pasti lo-la (loading lama) ^.^.

Walaupun namanya bahasa walikan tapi tidak semua bahasa kiwalan adalah bahasa yang di balik dari kanan ke kiri, juga bukan hanya berasal dari bahasa jawa yang di balik ada juga yg berasal dari bahasa Indonesia, contohnya libom = mobil, di Malang sepertinya jarang yang memakai rontom = montor (jawa) untuk mobil dan yang membuat osob kiwalan sangat istimewa adalah tidak semua kata di balik, seperti komputer di balik jadi retupmok??? hahaha sangat tidak lazim.

Ingin belajar lebih banyak tentang osob kiwalan??silahkan datang langsung ke kota kami, soalnya google translate juga belum menyediakan osob kiwalan di kamusnya ^.^

kalo mampir ke Kota Malang jangan lupa juga mampir ke tempat kami yaa ^,^


Star's Collection
Jalan Sawojajar gang 5 no 26
RT 7/RW 1
Malang 65139 Jawa Timur
Indonesia

+62341-9021603
+6285649919699 (Whatsapp available)
74F7392B (Pin Blackberry)

Email: aplikasibordir@gmail.com

Find Us:




Find Us:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar